• Kenapa Saya Ngeblog?


    Mengapa kita harus ngeblog? Apa alasannya? Apa sih untungnya punya blog? Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Berbicara mengenai manfaat ngeblog memang gak ada matinya sehingga berapa waktu yang lalu sayapun sempat terlibat dalam suatu perbincangan dengan seorang teman mengenai manfaat dan pentingnya mempunyai blog. Itulah yang mendasari saya akhirnya menulis postingan ini.

    Blog dapat dibuat bukan hanya di blogger, banyak penyedia layanan blog gratis seperti wordpress, blogdetik, tumblr, dan lain sebagainya. Saya pribadi tidak mengkhususkan untuk menggunakan layanan tertentu, pilihlah salah satu layanan yang memudahkan anda dalam membuat dan mempelajarinya. Bukan hanya mempunyai blog, karena banyak juga yang mempunyai blog tapi masih pasif dan jarang diisi. Berikut adalah beberapa point yang saya pahami tentang arti pentingnya dari kegiatan blogging:


    "Blogging adalah kegiatan yang positif" 

    Inilah yang pertama dan paling utama menjadi alasan saya untuk blogging. Disaat waktu senggang, lebih baik waktu kita gunakan untuk kegiatan yang positif bukan? Ada suatu ayat yang menyatakan, jika kita tidak disibukkan dengan kegiatan positif, maka syetan akan menjerumuskan kita kepada kegiatan2 negatif. Banyak bisa kita lihat dari teman2 yang lain, mungkin saat mereka membuka laptop dan online yang dibuka hanya fesbuk, twitter, atau media sosial yang lain.. Apa untungnya? Berbagi kegalauan kah? Tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri saat yang kita membuka laptop, blogging, lalu posting.. dan dengan cepat banyak yang membaca dan mengomentari artikel kita.. tentunya bukan komentar ikutan galau.


    "Blogging bisa menambah teman dan menambah ilmu" 

    Inilah keuntungan mempunyai blog.. dengan rajin ngeposting artikle yang baik, pasti akan mendapat respon yang baik pula dari teman sesama blogger. Tentunya, kita juga harus rajin pula bersilaturahim mengunjungi blog teman. Untuk membuat artikle yang baik dan bermutu, tentunya kita harus putar otak untuk mencari berbagai referensi dari berbagai media.. dengan mencari itulah otomatis ilmu kita akan bertambah.


    "Blogging adalah seni" 

    Bagi saya sendiri, ngeblog adalah suatu karya seni artistik yang mencerminkan diri kita. Keasyikan dalam mendesign tampilan blog, mengatur tata letak, dan memberi berbagai widget pemanis, mengisi content yg bermutu, bukanlah hal yang mudah. Dan akan menjadi kepuasan tersendiri jika blog kita banyak disukai oleh pembaca. Jika kita tidak dapat melakukan hal banyak dalam dunia seni; melukis, memahat, mengukir, atau yang lain contohnya.. cukup blog yang menjadi masterpiece, saksi hidup kita, peninggalan kita, jika suatu saat kita tiada. Bagaimana dengan blog copas? Mending tidak usah dibahas disini..


    "Ngeblog sarana berbagi" 

    Apasih yang bisa kita bagi? Banyak... Ilmu, pengalaman, pengetahuan, informasi, bagi software yang bermanfaat, bagi-bagi duit juga bisa kalo mau. Pernah tidak suatu saat anda mencari informasi di google yang sangat penting bagi kita tapi tidak menemukannya? Jawabannya pasti pernah atau bahkan sering.. dan setelah itu anda menadapatkannya dari referensi lain. Kenapa setelah anda dapat tidak anda share ke yang lain? Mungkin akan menjadi amalan anda jika yang anda share adalah informasi positif yang dibutuhkan banyak orang.

    Kenapa harus pelit ilmu jika ilmu yang anda share adalah tabungan amalan anda kelak di hari akhir? dan tentunya, ilmu kita gak akan berkurang bukan.. "Tapi saya takut article saya di copas.." Memang dari segi tertentu kita rugi jika blog kita di copas, tapi taukah kawan jika blog kita di copas berarti artikel kita memang bermutu dan layak untuk disebar luaskan, dan dari segi amalan kita tetap dapat yang terbanyak. "Tapi saya gak bisa bikin tulisan yang bagus..". Saya juga!


    "Blogging bisa nambah teman dan nambah ilmu" 

    Inilah keuntungan mempunyai blog.. dengan rajin ngeposting artikle yang baik, pasti akan mendapat respon yang baik pula dari teman sesama blogger. Tentunya, kita juga harus rajin pula bersilaturahim mengunjungi blog teman. Untuk membuat artikle yang baik dan bermutu, tentunya kita harus putar otak untuk mencari berbagai referensi dari berbagai media.. dengan mencari itulah otomatis ilmu kita akan bertambah.


    "Dengan ngeblog, bisa menghasilkan uang

    Nah, jika blog anda mulai ramai dan banyak disukai pengunjung otomatis banyak product yang ingin menempelkan iklannya pada blog anda, tentunya hal ini membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Atau jika anda mau, anda bisa mengiklankan product atau jasa yang anda kelola sendiri. Syukur2 jika anda mau belajar SEO (Search Engine Optimization), kini sudah banyak blog yang membahas tentang hal itu. Tapi jangan lupa.. luruskan niat anda dulu sebelum ngeblog. Kalau belum apa-apa sudah ingin dapet duit dari blog, ya jangan harap blog anda bisa bertahan lama. Nikmati dulu prosesnya, kelak pasti anda tau bagaimana teknik jitu mencari uang lewat blog.. percaya deh!


    11 comments:

    1. Kalau copas tulisan di blog berniche catatan pribadi tentunya aneh melihat yg copas trsebut, namun kalau copas blog di blog/web berniche informasi atau brita itu boleh-boleh saja slama tidak bulat-bulat yg ia copas dengan kata lain di tulis ulang dngan bahasa sendiri ( Re-write) .

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya bener itu bro, tapi niat awal nya dia copas pasti ada. hehehe..

        Delete
    2. Ngeblog itu melatih displin waktu dan berbagi itu menyenangkan ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. This comment has been removed by the author.

        Delete
      2. iya mba, khususnya kita bisa jadi lebih terbuka dengan teman dan keluarga. :)

        Delete
    3. Aku sendiri dari awal ngeblog niatnya buat berbagi pengalaman dan juga mencari teman.. Salam kenal dan salam blogger..

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehe, sama dong.. :) salam kenal jg dari saya. :D

        Delete
    4. ngeblog juga bisa dijadiin latihan dan pemanasan buat menjadi penulis

      ReplyDelete
      Replies
      1. bener banget tuh, langkah awal seorang penulis pemula. hehhe

        Delete
    5. ngeblok tu nambah tmen, kenalan, dan tentunya pengalaman :)
      kunjungn bliknya ditunggu sob biar tambah kenal

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehehe. bener deh, apalagi sering blogwalking, temen-temen kita akan bertambah via online. :D

        Delete