• Balikpapan Kota Terbersih Kedua Se-ASEAN




    Balikpapan memang terkenal dengan sebutan kota minyak. Selain kota minyak, Balikpapan merupakan kota yang memiliki banyak pendatang dari dalam negeri dan luar negeri. Ini merupakan salah satu keunikan yang dimiliki oleh Balikpapan. Kota berlambangkan beruang madu ini memiliki motto "Balikpapan Kubangun, Kujaga, dan Kubela". Lewat motto inilah para penduduk dan pemerintah memutar otak untuk tetap membangun kota ini dan tetap tidak meninggalkan sesuatu yang merupakan "core"-nya Balikpapan.

    Pontensi yang dimiliki oleh Balikpapan, tidak membutakan pemerintah dari iming iming para investor yang ingin mendirikan bangunan. Pemerintah kota Balikpapan memiliki aturan ketat saat memberikan IMB (ijin mendirikan bangunan). Hal inilah yang menjadi salah satu kunci sukses menjaga dan mempertahankan penghargaan kota Adipura, bahkan Balikpapan menjadi kota terbersih kedua di tingkat The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) setelah kota Phitnasulok, Thailand.


    Selain memperketat pemberian IMB, pemerintah kotad dan DCKTR (Dinas Cipta Karya Tata Ruang) Balikpapan membuat aturan untuk membuang sampah dari pukul 18.00-06.00, untuk menghindari bau sampah yang menyengat ketika pagi dan siang hari. Selain itu, DCKTR juga rutin menyemprot tanaman karena karakteristik Balikpapan yang kering, agar dapat memberikan oksigen yang cukup, udara yang bersih serta mengurangi debu. Ketersediaan tempat sampah di taman kota dan titik keramaian inilah mengajak masyarakat secara tidak langsung untuk membuang sampah pada tempatnya.


    1 comment: