• Pengakuan Palestina di PBB



    Pengakuan yang diberikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kepada Palestina seperti tidak bisa diterima oleh Israel dan Amerika Serikat (AS). Kedua negara bersekutu itu mengecam pengakuan Palestina sebagai anggota pemantau non-negara.


    Menurut Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice, Palestina sebenarnya tidak meraih apapun. Sementara Israel terdengar marah dengan dukungan 138 negara atas naiknya status keanggotaan Palestina.

    Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menilai pidato Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Sidang Umum PBB sebagai sebuah pencemaran dan tidak dibenarkan. "Dunia melihat pidato yang bersifat pencemaran dan beracun. Pidato itu adalah bentuk propaganda melawan IDF (militer Israel) dan rakyat Israel," pernyataan Netanyahu, seperti dikutip Associated Press, Jumat (30/11/2012).

    "Keputusan PBB tidak akan merubah apapun. Hal ini juga tidak akan mempromosikan pembentukan negara Palestina, justru menjauhkan peluangnya," tegas Netanyahu.

    Sementara Dubes AS untuk PBB Susan Rice menegaskan kebahagiaan yang dirasakan oleh Palestina saat ini tidak akan berlangsung lama. Menurutnya apa yang diperoleh saat ini hanya akan menipiskan peluang untuk damai.

    "Pengumuman besar hari ini akan cepat sirna dan rakyat Palestina akan sadar bahwa hidup mereka akan berubah. Mereka akan segera sadar bahwa peluang untuk damai sudah menyurut," tutur Rice.

    "Resolusi ini tidak akan membuktikan bahwa Palestina adalah sebuah negara. Hasil hari ini tidak akan dinilai sebagai legalitas untuk keanggotaan PBB. Hanya lewat negosiasi antara Palestina dan Israel, perdamaian bisa dapat diraih," lanjutnya.

    Israel dan AS merupakan dua dari sembilan negara yang menolak status keanggotaan baru dari Palestina di PBB. Negara lain yang menolak keanggotaan Palestina antara lain, Kanada, Republik Ceko, Pulau Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau dan Panama.

    4 comments:

    1. Apapun pendapat AS dan Israel, yang penting sekarang Palestina sudah mendapat pengakuan. Jadi Israel (yang didukung AS) tidak bisa semena-mena lagi merampas wilayah Palestina. Semoga ini bisa jadi langkah awal yang baik buat Palestina...
      :D

      Blog yg bagus. Kunjungi balik blog saya yah...
      :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. ya seperti itu lah sob. semoga dengan adanya pengakuan bagi palestina. negara-negara yang memiliki kekuatan tidak semena-mena lagi.

        makasih sob..
        di tunggu kunjungan balik saya.

        Delete
    2. salut dengan artikelnya sob. lanjutkaan

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehe. oke sob. terimakasih atas dukungannya.

        Delete