• Berhentilah Merokok, Agar Tidur Lebih Nyenyak

    Anda masih seorang perokok? Bagaimana pola tidur Anda? Rupanya efek dari merokok dapat mempengaruhi kebiasaan tidur. Merokok membuat waktu tidur lebih pendek dan tidak nyenyak, inilah hasil survei terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di Jerman.

    Survei dilakukan pada 1.100 perokok. 17 persen perokok mengaku tidur kurang dari enam jam, sementara 28 persen mengatakan mereka tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sedangkan dari 1.200 non-perokok, mereka yang mengalami gangguan tidur hanya sekitar 7 persen.

    Stefan Cohrs, peneliti dari Berlin's Charite sekolah kedokteran di Jerman, mengatakan, seperti dikutip oleh Daily Mail,  "Penelitian ini menunjukkan peningkatan gangguan tidur pada perokok, dibandingkan dengan yang tidak merokok."

    Secara keseluruhan, kualitas tidur dipengaruhi oleh usia, berat badan, dan konsumsi alkohol, tetapi nikotin juga menyumbang kecemasan yang mengganggu tidur. "Meskipun tidak terkait langsung, tapi ada efek stimulasi pada nikotin yang menyebabkan ini."

    Jika Anda merokok, dan menderita masalah tidur, itulah alasan yang baik untuk berhenti merokok. Kualitas tidur yang buruk tidak hanya membuat Anda terjaga, tetapi juga menjadi penyebab obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

    0 comments: